10 Ciri-Ciri Utama Yang Dapat Membuat Anda Kaya Raya

  • Ingin menjadi jutawan? Pahamilah bagaimana sifat-sifat pribadimu yang dapat mempengaruhi keuangan dan inilah unsur penting untuk membangun kekayaan

Menabung uang adalah sesuatu hal yang tidak semuanya menyangkut meraih tujuan dan berteriak tawar-menawar.

Hal ini lebih berkaitan dengan sikap anda terhadap uang.

Anda hanya perlu pikirkan seseorang yang tidak sesuai dengan stereotip kaya raya – seseorang seperti Warren Buffett misalnya.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam buku The Millionaire Next Door ciptaan Thomas J. Stanley dan William D. Danko, finansial pribadi memiliki banyal hal yang dilakukan orang-orang terhadap uangnya. Pada kenyataannya, banyak jutawan yang memegang prinsip hidup hemat ali-ali mencoba cara cepat dapat duit.

Dengan memahami bagaimana sifat-sifat pribadi dapat mempengaruhi finansial anda dan ini adalah unsur penting untuk membangun kekayaan.

Dibawah ini adalah 10 ciri-ciri utama, diantaranya adalah:

  • Sabar

Kesabaran merupakan salah satu ciri khas yang paling penting saat berbicara tentang menghemat uang. Ini berarti menunggu sampai gelombang produk hype pertama telah selesai, menjaga sebuah mobil sampai beberapa tahun ke depan sebelum menukarnya dengan unit baru dan menunggu sampai sesuatu yang anda inginkan sesuai dengan anggaran anda – bukannya mengambil secara kredit. Kesabaran seringkali terdapat perbedaan antara menciptakan tabungan dan berada didalam hutang. Milikilah kesabaran untuk menunggu sampai anda menemukan kesepakatan yang baik adalah landasan finansial yang baik.

  • Kepuasan

Bila anda puas, tidak ada alasan untuk menghabiskan uang pada sesuatu yang tidak penting. Satu-satunya tujuan iklan adalah untuk membuat anda percaya bahwa membeli produk atau layanan itu akan membuat anda lebih bahagia, lebih kaya, lebih baik atau memperbaiki segala sesuatu yang tidak membawa kepuasan. Orang-orang rela menggelontorkan uangnya karena mereka ingin menangkan kegembiraan yang ditampilkan dalam iklan tersebut. Bila anda puas dengan apa yang anda miliki dalam kehidupan anda (tidak mencoba untuk hidup seperti apa yang ada di TV), finansial anda akan berada dalam bentuk yang lebih baik.

  • Terorganisir

Bersikap terorganisir dapat membuat anda lebih produktif dan memastikan bahwa semua isu yang berkaitan dengan finansial pribadi dapat ditangani. Ini berarti tidak membayar biaya denda, tidak membeli dua item, mengetahui tenggang waktu yang dapat mempengaruhi finansialmu dan mendapatkan keuntungan lebih banyak saat melakukannya dengan waktu sedikit. Semua ini bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

  • Disiplin

Anda perlu sikap disiplin untuk terus menabung uang guna menggapai tujuan jangka panjang tertentu setiap bulan. Finansial pribadi bukanlah cara cepat kaya, tetapi adalah sikap disiplin dalam melaksanakan rencana hidupmu.

  • Reflektif

Sangat penting untuk dapat melihat keputusan finansialmu dan merefleksikan hasilnya. Anda akan membuat kesalahan saat mengatur keuangan. Semua orang pernah melakukannya. Kuncinya adalah belajar dari kesalahan tersebut sehingga anda tidak melakukannya lagi atau mengenalinya jika anda terus mengulanginya.

  • Kreatifitas

Ekonomi dan pendapatan tidak selalu sesuai harapanmu. Perkembangan yang tidak terduga melepaskan malapetakan untuk menguraikan rencana keuangan. Saat ini terjadi, perubahan perlu dilakukan untuk menghadapi situasi baru. Kreatifitas adalah hal terpenting untuk mencapai hal ini. Kreatifitas memungkinkan anda untuk membuat sesuatu menjadi lebih tahan lama daripada membeli ketika anda tidak punya uang. Ini berarti mencari alternatif yang lebih murah saat uang sedang terbatas.

Dengan cara ini, kreatifitas memainkan peran besar dalam menjaga keuangan anda agar lebih baik.

  • Rasa ingin tahu

Memiliki rasa ingin tahu membantu anda belajar, memahami dan memperbaiki diri sendiri. Rasa ingin tahu berarti anda ingin tahu lebih banyak, luangkan waktu untuk belajar dan kemudian mengambil materi yang ingin dipelajari lalu mempraktekkannya adalah proses penting yang didorong rasa ingin tahu.

  • Pengambilan resiko

Untuk membangun kekayaan, salah satu cara adalah bersedia mengambil resiko. Ini tidak berarti resiko yang tidak diperhitungkan. Ini berarti menimbang semua opsi dan mengambil resiko yang telah diperhitungkan disaat yang tepat. Pasar saham memiliki resiko, tetapi dalam jangka panjang, riwayat menunjukkan bahwa hal ini menyediakan tingkat pengembalian yang baik daripada uang yang telah diinvestasikan dengan bijaksana. Mereka yang takut resiko sama sekali akan berakhir dengan menghemat uangnya didalam rekening yang justru kemungkinan kehilangan uangnya dalam inflasi jangka panjang.

  • Berorientasi pada tujuan

Anda perlu memahami pentingnya menetapkan dan bekerja ke dalam tujuan jelas. Jika anda tidak tahu kemana arah yang akan anda tuju, maka sulit untuk sampai kesana. Hal ini membantu finansial pribadimu menjadi mudah jika anda memiliki tujuan finansial dan semakin termotivasi untuk mencapai tujuan yang telah anda tetapkan bagi diri sendiri.

Mereka yang tidak memiliki tujuan berarti tidak memiliki peta tujuan yang akan membawa mereka mencapai tujuan finansial yang diinginkan.

  • Bekerja keras dan cerdas

Menciptakan kekayaan dan keluar dari hutang jarang terjadi tanpa adanya kerja keras. Banyak orang yang berharap bisa memenangkan lotre dan itu berarti mereka telah menyelesaikan semua masalah finansialnya. Bagaimanapun jalan yang tepat menuju kebebasan finansial adalah bekerja keras untuk mendapatkan uang saat mendidik diri sendiri untuk terus memiliki nilai plus sehingga meningkatkan gaji anda.

Anda mungkin tidak memiliki semua ciri-ciri yang saya sebutkan diatas. Tetapi dengan mengetahuinya, hal ini dapat membantu anda untuk membuat perubahan sehingga anda dapat melaksanakannya secara perlahan.

Pada akhirnya, semua ciri-ciri utama ini akan membantu anda meraih finansial pribadi yang lebih baik dan membuat rencana untuk mengumpulkan kekayaan yang anda inginkan.